Rosyadi, Afwan
(2014)
Rosyadi Afwan.
Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.
Abstract
Potensi umat muslim di Indonesia untuk melaksanakan ibadah kurban sangatlah besar, seperti yang telah ketahui bahrva sebagian besar penduduk Indonesia beragama islam. Jadi, memang sangat dipemukan adanya sebuah lembaga masyarakat yang benar-benar menjalani amanahnya sebagai penyalur hewan kurban. Hingga THK dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk menampung dana sekitar 20M 1ebih. Adapun keberhasilan THK dalam mempromosikan program-programnya tidak lepas dari peran sebuah strategi komunikasi yang dilakukannya, sehingga dalam penyampaiau pesannya dibutuhkan sebuah strategi yang merupakan paduan dari perencanaan komunikasi dengan media massa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun rumusan masalahnya adalah pertama bagaimana strategi komunikasi Tebar Herwan Kurban (THK) dalam mensosialisasikan program kurban melalui media lini atas? Kedua bagaimana strategi komunikasi Tebar Heuwan Kurban (THK) dalam mensosialisasikan program kurban melalui media lini bawah?. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori media lelations oleh Rosady Ruslan, yang mengartikan media relations merupakan bagian public relation ekstemal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media masa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan organisasi. Adapun metodologi yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis yakni penelitian yang bennaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misamya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tebar Hervan Kurban (THK) menggunakan, media lini atas dengan bekerja sama dengan media elektronik yaitu televisi, dan radio. Media cetak antara lain bekerja sama dengan koran harian umum, koran atau majalah komunitas yang berada di sekitar Jabodetabek. Dan media baru atau intemet. Adapun dalam penggunaan media lini bawah ini, Tebar Hewan Kurban (THK) melakukan sosialisasinya dengan menggunakan media yang dapat langsung tatap muka dengan audiens, media yang digunakan oleh THK antara lain: direct mail, billboard, spanduk, x banner, giant banner, majalah THK, stiker, buku panduan mitra pelaksana daerah, seragam untuk para relevan, kuitansi, insert koran. Media yang mempunyai pengaruh kuat dalam proses sosialisasi plogram kurban ini yaitu Koran harian Republika. Sebab para pembaca koran harian Republika tefokus pada umat muslim, jadi mereka itulah yang tergerak untuk ikut melaksanakan ibadah kurban.
Keywords: Strategi Komunikasi, THK, Media Massa.
Actions (login required)
|
View Item |