MARTIAH, - (2025) TINJAUAN "MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW" DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA RA AL-MA'RUF CILANGKAP-DEPOK. Bachelor thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID.
|
Text
Martiah.pdf Download (52MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MARTIAH. "Tinjauan "model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw" dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini pada RA Al-Ma'ruf". Dibawah bimbingan SholikuI Hadi,S.Ag. M.Si, M.M dan Amianto Kusumuarto, M.S.i Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara empins mengenai adanya upaya peningkatan kwalitas pembelajaran melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw bertujuan untuk meningkatkan belajar siswa aktif dan kreatif didalam kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif yang merubakan bagian dari metode kualitatif adapun instrumen penelitian ini adalah observasi dan wawancara yang kemudian memperoleh keabsahan data dilakukan kalibrasi. Data ini diperoleh dari hasil wawancara dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dari responden, yaitu satu orang guru kelompok B 1 dan 18 orang siswa kelompok B 1. Teknik kalibrasi data digunakan teringulasi yang berasal dari satu orang key informan, yaitu guru kelompk B 1 di R.A Al Ma'rufKelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos Kota Depok. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw data peningkatan kwalitas pembelajaran yang disarankan oleh guru, baik dalam menyusun rancangan pembelajaran, penggunaan multimedia metode mengajar dan melakukan evaluasi. Selain itu dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw ada peningkatan belajar siswa. Siswa lebih aktif dan kreatif, aktif bertanya, aktif memberikan jawaban, berpendapat, kreatif dalam variasi jawaban baik lisan maupun tulisan, inspiratif menggunakan sumber belajar. ABSTRACT MARTIAH. "A Review of the Cooperative Learning Model Jigsaw Type in Enhancing Learning Motivation of Early Childhood Students at RA Al-Ma'ruf". Supervised by Sholikul Hadi, S.Ag, M.S.I., MM and Amianto Kusumuarto, M.S.I., This study aims to investigate the effectiveness of the Cooperative Learning Model Jigsaw Type in enhancing the quality of learning and promoting active and creative learning among students in the classroom. The study uses a descriptive method, which is part of the qualitative method, with observation and interview instruments. The data is obtained from interviews with one teacher and 18 students of group B1 at RA Al-Ma'ruf. The results show that the Cooperative Learning Model Jigsaw Type improves the quality of learning, as suggested by the teacher, in terms of designing lesson plans, using multimedia teaching methods, and conducting evaluations. Additionally, this model enhances student learning outcomes, making students more active and creative, asking questions, providing answers, expressing opinions, and using learning resources in a more varied and inspiring way. Keywords: Cooperative Learning, Jigsaw Type, Learning Motivation, Early Childhood Education.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 710 Ilmu Pendidikan > 790 Ilmu Pendidikan 710 Ilmu Pendidikan 710 Ilmu Pendidikan > 790 Ilmu Pendidikan > 794 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Amir Amirullah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:00 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:00 | |||||||||
URI: | http://repository.inais.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |