PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PT BANK,MUAMALAT INDONESIA TBK KANTOR CABANG BOGOR

IZAH AFRIYANI, - (2025) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PT BANK,MUAMALAT INDONESIA TBK KANTOR CABANG BOGOR. Bachelor thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID.

[img]
Preview
Text
Izah Afriani.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IZAH AFRIYANI, 2014. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Jumlab Nasabah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Bogor. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS.Dipl.Ing.DEA (pembimbing I) dan Bapak Sholikul Hadi, S.Ag., M.Si., MM (pembimbing II) Penyusunan strategi yang baik sangat dibutuhkan dalam menghadapi suatu persaingan ataupun dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berubah. Tujuan dari perusahaan adalah mencari keuntungan. Untuk mencapai tujuan itu bidang pemasaran harus lebih spesifik merancang strategi yang tepat. Oleh karena itu sebuah perusahaan (Bank) harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat meningkatkan jumlah nasabahnya, dengan menganalisis dimensi strategi pemasaran atas 4P : produk (product), Harga (price), promosi (promotion), dan lokasi (place). Tujuan penelitian ini menganalisis peningkatan jumlah nasabah (keputusan menabung) yang dapat dilihat menjadi empat faktor strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah (keputusan menabung) PT Bank Muamat Indonesia Tbk Kantor Cabang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Variabel independent dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang terdiri dari : product (produk), price (harga), promotion (promosi) dan place (lokasi) dan variabel dependent adalah peningkatan jumlah nasabah (keputusan menabung). Strategi pemasaran yang berpengaruh nyata terhadap penigkatan jumlah nasabah (keputusan menabung) PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Bogor, ditunjukan oleh kontribusi 79,8% dan sisanya (20,2%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Faktor strategi pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah (keputusan menabung) PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Bogor adalah Produk (XI) dengan nilai 3,394 dan variabel Lokasi (X.) dengan nilai 2,231. Sedangkan yang tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan jumlah nasabah (keputusan menabung) PT Bank Muamalat Indonesia Tbk kantor Cabang Bogor adalah variabel Harga (X2) dengan nilai -0,272 dan variabel Promosi (X3) dengan nilai 0,166. Kata Kunci : strategi pemasaran, nasabah ABSTRACT IZAH AFRIYANI, 2014. The Influence of Marketing Strategy on Increasing the Number of Customers at PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Bogor Branch. Supervised by Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS.Dipl.Ing.DEA (Supervisor I) and Sholikul Hadi, S.Ag, M.S.I. MM (Supervisor II). A well-designed strategy is essential for companies to face competition and adapt to changing environments. The goal of a company is to seek profit, and marketing plays a crucial role in achieving this goal. Therefore, a company (bank) must apply an effective marketing strategy to increase its customer base by analyzing the 4Ps of marketing: product, price, promotion, and place. This study aims to analyze the impact of marketing strategy on increasing the number of customers (saving decisions) at PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Bogor Branch. The study uses a descriptive quantitative method, with marketing strategy as the independent variable (product, price, promotion, and place) and customer growth (saving decisions) as the dependent variable. The results show that marketing strategy has a significant impact on customer growth, contributing 79.8% to the increase in customers, while the remaining 20.2% is influenced by other factors not examined in this study. The most dominant marketing strategy factors influencing customer growth are Product (X1) with a value of 3.394 and Location (X4) with a value of 2.231. However, Price (X2) and Promotion (X3) do not have a significant impact on customer growth. Keywords: Marketing Strategy, Customers.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDpembingbing 1, Prof.Dr.Ir.H. Musa Hubeis, MS.,Dipl.Ing.,DEA,UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDpembingbing 2, Sholikul Hadi, S.Ag, M.S.I. MMUNSPECIFIED
Subjects: 550 Ilmu Ekonomi > 560 Ilmu Ekonomi > 563 Ekonomi Syariah
550 Ilmu Ekonomi
550 Ilmu Ekonomi > 560 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Amir Amirullah
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:00
Last Modified: 15 Jul 2025 08:00
URI: http://repository.inais.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item