PERANAN IBI DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI PAUD TARBIYATUL HUDA)

Farida, Ida (2014) PERANAN IBI DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI PAUD TARBIYATUL HUDA). Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.

[img]
Preview
Text
Ida Farida.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IDA FARIDA. Peranan Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Paud Tarbiyatul huda. Di bawah bimbingan Dra. Manik Sunuantari. M.Si dan lna Hariani. M.Si Keberadaan keluarga melalui bimbingan yang di berikan oleh orang tua, terutama seorang Ibu kepada anak-anaknya, serta keberadaan seorang guru di tiap jenjang sekolah yang termanifestasi, menjadi semakin penting dalam membentuk generasi berkepribadian muslim yang tidak hanya handal dan menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga menjadi manusia yang soleh. Seorang Ibu memiliki fungsi sebagai pendidik pertama yang membentuk kepribadian seseorang, sementara itu guru memiliki fungsi sebagai pembawa amanat yang di berikan orang tua dalam pendidikan, yang berada di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk meninjau tentang pentingnya bimbingan sebagai manifestasi peran seorang Ibu yang , tenwujud dengan adanya kerjasama orangtua dan guru di sekolah pendidikan anak usia dini paud tarbiyatul huda. Jenis penelitian itu, yaitu studi kasirs dan bersifat kualitatif. Metode pengumputan datanya menggunakan tehnik observasi. Pengolahaan data analisis datanya mengunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa a{a beberapa faktor yang mendukung dan menghambat peran Ibu dan kerjasama yang telah di lakukan oleh guru dan orangtua dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tarbiyatul Huda. Faktor pendukung dari pihak guru adalah terdapat kesepakatan guru mengenai tujuan pendidikan, memiliki keterampilan dan kompetensi sebagai pendidik yang cukup baik. Faktor berikutnya yang berasal dari orangtua dalam bentuk dukungan dan partisipasi yang menyeluruh terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran bagi anak meraka. Sedangkan faktor penghambat yang berasal dari guru tentang pemahaman para peserta didik dalam proses pendidikan dan pengajaran yang masih di ternpatkan sebagai objek. Dan faktor penghambat dari orangtua murid ialah disebabkan karena sebagian orangtua mempunyai banyak kesibukan, kurangnya perhatian terhadap anak, dan kurangnya kesadaran akan pentinglya kerjasama dengan guru disekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tarbiyatul Huda. Kata Kunci : Deskriptif kualitatif, observasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
InstrumentalistSunuantari, ManikUNSPECIFIED
InterviewerHariani, InnaUNSPECIFIED
Subjects: 710 Ilmu Pendidikan > 790 Ilmu Pendidikan > 801 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
710 Ilmu Pendidikan
Depositing User: hirawan hirawan
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:00
Last Modified: 15 Jul 2025 08:00
URI: http://repository.inais.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item