Ningsih, Pitria
(2020)
Pengaruh Komitmen Manajemen Puncak Dalam Kualitas Pelayanan Bprs Terhadap Kepuasan Nasabah
(Studi di BPRS Botani Dramaga Bogor, Jawa Barat).
Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada Bank salah satunya adalah tentang pelayanan, karena pelayanan merupakan salah satu kunci kesuksesan Bisnis. Pertanyaan penelitian ini yaitu : 1) Apakah pelayanan Customer Service, Teller, dan Marketing BPR Syariah secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah ? 2) Apakah komitmen manajemen puncak dalam kualitas pelayanan BPR Syariah Botani berpengaruh terhadap kepuasan nasabah ? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan Customer Service, Teller, dan Marketing BPR Syariah secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah. 2)Untuk mengetahui pengaruh komitmen manajemen puncak dalam kualitas pelayanan BPR Syariah Botani terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Dalam sebuah penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang terdiri dari para nasabah BPRS Botani dan masyarakat umum. Berdasarkan hasil penelitian ini, membuktikan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,607 (60,7 %). Artinya 60,7 % kepuasan nasabah dipengaruhi oleh ketiga variabel bebas Pelayanan CS, Teller dan Marketing. Sedangkan sisanya 39,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada Pengaruh antara Pelayanan Customer Service, pelayanan Teller, dan pelayanan marketing terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Botani” diterima. Saran untuk BPR Syariah Botani adalah Tingkatkan kembali pelatihan kerja bagi karyawan BPRS khususnya dalam pelayanan. Agar karyawan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Karena salah satu yang bisa meningkatkan kepuasan nasabah dan menarik calon nasabah untuk bertransaksi di Bank yaitu dari sisi pelayanannya. Sedangkan mengenai Kepuasan nasabah, berdasarkan olah data variabel kepuasan nasabah dari 3 variabel mayoritas responden menyatakan setuju dengan nilai rata-rata + 4 yang artinya nasabah merasa puas.
Kata Kunci : Komitmen Manajemen Puncak, BPR Syariah Botani, Customer
Service, Teller, Marketing
Actions (login required)
|
View Item |