Fransiska, Novi
(2020)
Sistem Pelayanan Nasabah Priority Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Jalan Baru Kota Bogor).
Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan Bank Syariah Mandiri, selain sebagai sarana pengakomodasi kepentingan masyarakat Indonesia terutama bagi umat Islam, juga memiliki salah satu tujuan penting yaitu dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. Bank Syariah Mandiri memiliki salah satu produk yakni BSM Priority, dimana pelayanan yang diberikan untuk nasabah BSM Priority ini mendaptkan keistimewaan dari petugas bank atau lebih dikenal dengan mendapatkan pelayanan prima (service excellent). Penelitian ini dilakukan pada Bank Syariah Mandiri KCP Jalan Baru Bogor yang beralamat di Jl. K.H Sholeh Iskandar No. 77 A Bogor (16164). Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober sampai Desember 2019, penulis tertarik melakukan penelitian ini untuk mengetahui: bagaimana sistem pelayanan nasabah Priority yang ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, bagaimana pelayanan yang diberikan oleh petugas bank kepada para nasabahnya baik nasabah Reguler maupun nasabah Priority, serta bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap pelayanan prima yang diberikan oleh petugas Bank kepada nasabah Priority. Untuk mengetahui permasalahan dalam penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pengumpulan data ini ditujukan pada petugas bank yang biasanya langsung melayani nasabah Priority. Wawancara, observasi serta dokumentasi dilakukan secara langsung pada tanggal 4 Desember 2019 di kantor BSM Jalan Baru Bogor. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan Prima yang ditujukan untuk nasabah Priority, seharusnya pelayanan antara nasabah reguler dan nasabah Priority tidak ada perbedaan. Akan tetapi jika dilihat dari nilai dasar pelayanan Islamic Priority Banking, maka tidak ada masalah selama hal tersebut tidak merugikan pihak lain dan tidak melenceng dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.
Kata kunci : Pelayanan Nasabah Priority, Ekonomi Islam
Actions (login required)
|
View Item |