Purnaedi Cahyani, Aliya
(2019)
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Dalam Pembiayaan Rumah Dengan Prinsip Syariah.
Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.
Abstract
Memiliki rumah merupakan kebutuhan dan impian setiap manusia, dengan adanya rumah sebuah keluarga akan tumbuh dengan baik didalamnya. Layaknya sebuah cermin rumah adalah cerminan dari pribadi manusia tersebut. Memiliki rumah dapat melalui dunia perbankan syariah, dan perbankan syariah harus mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan produknya. Dengan memberikan harga yang bervariasi, tempat perumahan yang strategis dengan pusat industri maupun ekonomi, dan promosi yang dilakukan mampu menarik ketertarikan masyarakat untuk melakukan pembiayaan dengan prinsip syariah melalui dunia perbankan syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produk, harga, tempat, promosi untuk mempengaruhi minat masyarakat terhadap pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Jenis penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengambilan sampel berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Tabachic & Fidell, teknik penentuan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (adjusted R square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam pembiayaan rumah dengan prinsip syariah. Sedangkan produk tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam pembiayaan rumah dengan prinsip syariah
Kata kunci : produk, harga, tempat, promosi, minat
Actions (login required)
|
View Item |