Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Proses Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan SD Negeri Di Desa Cibatok

Aviyana, Vina (2022) Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Proses Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan SD Negeri Di Desa Cibatok. Bachelor thesis, Institut Agama Islam Sahid Bogor.

[img] Text
VINA AVIYANA.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2022.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sudah melekat pada kehidupan manusia dan menjadi harapan untuk sebuah dunia pendidikan agar dapat melahirkan generasi yang bermutu, berakhlak, inovasi, kreatif dan mampu bersaing di masa yang akan datang. Terlahirnya generasi yang bermutu tersebut tentu harus didukung oleh kompetensi profesional dan fasilitas sekolah yang mendukung maka jika semuanya sudah terpenuhi maka sebuah keberhasilan mutu proses pembelajara pun akan tercapai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan fasilitas belajar terhadap mutu proses pembelajaran pada satuan Pendidikan SD negeri di desa cibatok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei untuk mengetahui pengaruh variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non-tes yakni untuk memperoleh keterangan atau data yang diperlukan peneliti. Dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder contohnya seperti penyebaran instrument angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi profesional dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap mutu proses pembelajaran, atas dasar ini maka dinyatakan bahwa variabel kompetensi profesional dan fasilitas belajar dapat maksimal untuk meningkatkan variabel mutu proses pembelajaran di SD Negeri Desa Cibatok. Hal ini dibuktikan dengan probabilitas nilai Sig. yang diperoleh sebesar 0.000<0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kompetensi profesional (X1) dan fasilitas belajar (X2) secara bersama-sama terhadap mutu proses pembelajaran (Y). Maka dapat diartikan bahwa kedua faktor ini dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Fasilitas Belajar, Mutu Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
ReviewerRahmawati, Imadafenta.ima13@gmail.com
ReviewerLestari, Hanahanalestari3011@gmail.com
Subjects: 710 Ilmu Pendidikan > 790 Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mawar Mawar
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:17
Last Modified: 16 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.inais.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item